Apa Itu Logo?

Apa Itu Logo?

Pada dasarnya, Logo adalah simbol yang terdiri dari teks dan gambar yang membantu kita mengidentifikasi merek atau brand yang kita sukai.

Logo yang baik adalah yang menggambarkan merek kamu. Ini membantu pelanggan memahami apa yang kamu lakukan, siapa kamu dan seberapa bernilai kamu bagi mereka. Sebuah gambar kecil yang mencakup semuanya. Mari kita lihat bagaimana cara memaksimalkan logomu.

  • Sebuah Logo yang membuatmu, merek/brandmu menonjol dan terlihat beda sehingga mudah dikenali oleh publik

Mungkin fungsi yang paling mendasar dari sebuah Logo adalah membuat Bisnismu sebuah tanda unik yang membedakan bisnismu dari bisnis lainnya. Ini sangat penting jika bisnismu punya persaingan yang luas.

Sebelum kamu membuat logo (khususnya untuk bisnis), kamu harus meneliti seperti apa sainganmu sehingga kamu bisa memposisikan diri.

Apa Itu Logo?

Coba lihat bagaimana logo dari GREENLABS, lihat bagaimana mereka mendesain sebuah logo dengan kombinasi antara pohon dan otak yang menggambarkan penelitian yang menghasilkan sebuah temuan yang ramah terhadap lingkungan.

Perlu diperhatikan juga, logo yang kamu buat simpel dan engga berlebihan sehingga calon pelangganmu engga paham merekmu.

Penting!

Dalam menentukan dan membuat logo, ada 5 hal yang harus ada didalam logomu

  1. Memorable (Mudah Diingat)
  2. Simple (Simpel)
  3. Versatile (Serbaguna)
  4. Appropriate (Sesuai)
  5. Timeless (Tidak Terbatas Waktu)

Nah, tentunya banyak varian logo yang sudah tersebar luas di berbagai belahan dunia, mulai dari logo pribadi, perusahaan, sampai peliharaan pun ada logonya.

Logo sendiri dibagi menjadi 7 macam :

  1. Lettermark (Logo Monogram)

 

 

Lettermark (Logo Monogram)

Lettermark merupakan merek atau brand dengan nama panjang  yang disingkat lalu dilogokan, kita bisa lihat banyak sekali contohnya di kehidupan kita sehari-hari semisal (Cable News Network) CNN, (Hawlett Packard) HP, (Home Book Office) HBO dan masih banyak lainnya.

Perlu di ingat, logo jenis ini berfokus pada inisial merek, atau brand, jadi pemilihan font, tatanan tema terlihat simpel, mudah dibaca dan diingat oleh banyak orang.

  1. Wordmark

Wordmark

Berbeda dengan Lettermark yang merupakan singkatan kata yang kemudian dijadikan sebuah logo, Wordmark lebih kepada nama brand, perusahaan yang dilogokan dalam bentuk teks secara langsung tanpa banyak embel embel background dan icon.

Tidak semua nama brand atau perusahaan bisa diaplikasikan ke dalam logo jenis ini, hanya brand yang memiliki nama yang singkat,sederhana dan unik yang biasa menggunakan logo jenis ini. Misal coca cola, facebook, oppo, dan vivo

  1. Logo abstrak

Logo abstrak

Jenis logo ini memiliki bentuk geometris abstrak kompleks yang menggambarkan inti dari merekmu. Logo abstrak adalah jenis tertentu dari pictorial mark/logo simbol (berbasis gambar).

Contoh merek atau brand dan perusahaan yang menggunakan jenis logo ini adalah Pepsi, Pos Indonesia, jasamarga dengan cirinya masing masing. Ini sangat efektif karena mewakili keseluruhan bisnismu hanya dalam satu gambar saja.

  1. Logo Lambang

Logo Lambang

Logo ini seringnya dipakai untuk sekolah, organisasi atau lembaga pemerintah serta industri otomotif. Sebuah logo lambang terbentuk dari huruf yang berada di dalam simbol atau ikon, lencana, segel atau inti dari lambang tersebut. Logo ini cenderung mencolok dengan tampilan yang tradisional.

Karena sering ditempatkan pada kartu nama, topi atau baju, pastikan lambang tersebut didesain secara sederhana. Jika rumit maka akan sulit dikenali dan difahami dan juga diordir tentunya.

  1. Logo Kombinasi

Logo Kombinasi

Logo kombinasi cocok untuk hampir semua bisnis yang ada karena serbaguna, unik dan merupakan pilihan yang sangat populer. Dari namanya saja kita sudah mengerti, Logo kombinasi merupakan gabungan dari logo wordmark / Lettermark dengan logo Simbol Abstrak maupun Maskot.

Cara menggabungkannya bisa dengan cara di tumpuk, disatukan ataupun terhubung satu dengan lainnya. Sebagai contoh ada Adidas, Huawei, Gramedia, Pertamina dan banyak lainnya

  1. Logo Maskot

logo mascot

Biasanya nih logo maskot memiliki corak warna-warni yang mencolok. jenis ini adalah cara yang bagus untuk membuat “Maskot” atau karakter khusus merek/bisnismu.

Sebuah karakter yang menggambarkan merek atau bisnis dan perusahaan yang kamu jalankan. Maskot akan dianggap sebagai duta bagi bisnismu. Beberapa maskot yang terkenal adalah Kool-Aid Man dari perusahaan Kool Aid asal US, Kolonel KFC dari perusahaan KFC asal US dan Mr. Peanut dari perusahaan Planter asal US.

Logo maskot sangat bagus dipakai untuk perusahaan atau bisnis yang memiliki pangsa pasar luas untuk semua kalangan.

  1. Logo Simbol atau Pictorial Mark

logo Simbol

Contohnya adalah logo Apple, Toyota dan HP Omen. Tiap-tiap logo perusahaan tadi mewakili identitasnya masing-masing yang dapat langsung dikenali.

Hal yang harus diperhatikan saat membuat logo jenis ini adalah gambar atau bentuk apa yang akan kamu buat. Keputusanmu nantinya ini akan terus “melekat” pada merek dan bisnismu. Tentunya, tidak mudah untuk membuat, apalagi merubah suatu logo karena akan membingungkan pelanggan.

Hal yang perlu di garis bawahi saat kamu baru merintis usaha (apalagi perusahaan baru), adalah kemampuanmu dalam mendesain logo, kalau kamu engga bisa membuat logo dengan benar, yang ditakutkan adalah logomu akan tidak sedap dipandang dan yang paling parahnya bisa-bisa orang akan salah paham dengan logomu.

Nah kalau kamu memang belum bisa mendesain logo dengan baik, kamu bisa kok menggunakan jasa buat logo yang kini semakin banyak dan mudah kita temui di online.

Yap, sekian, terimakasih

 

Harilinn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *