Alat Dapur

Penanak Nasi

Hallo.

Entah itu Kalian yang akan menikah atau Kalian yang ingin merantai lalu ngekos jauh dari rumah tapi mau mandiri masak-masak nasi sendiri, makan sendiri, nyuci piring juga sendiri~ Asekk, Terus bingung masak nasi pakai apa terus mana yang cocok dibeli, hmm..

Nah agar kamu tak bingung membeli penanak nasi yang mau dibeli kita kasih daftarnya nih, tinggal kamu pilah pilih aja mana yang perlu kamu beli duluan, atau malah beli langsung semuanya aja (Sultan (▰˘v˘▰)). terus kasih satu ke Ane ya..

Diawali dengan penanak nasi yang jadul alias model lama XD. Ada 2 jenis penanak nasi :

A. Model Tradisional

Dandang merupakan alat penanak yang paling populer di Indonesia yang telah digunakan sejak zaman kerajaan dulu, sekarang masih banyak di kampung kampung yang enggan beralih ke Rice Cooker dan bertahan menggunakan peralatan tradisional untuk menanak nasi.

Mereka meyakini dengan alat dapur tradisional, Nasi / masakan yang dimasak rasanya lebih Mak Nyuss~, dan itu memang true benar. Ane juga salah satu yang masih suka pake peralatan jadul buat masak sehari2 (Ehem, gini-gini masak pinter loh°˖✧◝(⁰▿⁰)◜✧˖°)

 1. Periuk

Periuk
Periuk Tembaga

Seringnya Periuk ini dipakai untuk memasak Nasi Liwet, karena terbuat dari bahan tembaga maka daya tahannya lebih kuat dari logam jenis lainnya.

Periuk umumnya ditemukan diperkampungan dengan bentuk yang classic dan indah, nggak heran kalau banyak orang yang mengoleksinya.

2. Dandang

Dandang
Memasak Nasi Menggunakan Dandang Dan Kayu

Alat penanak nasi yang terbuat dari logam ini lebih praktis dari pada menanak menggunakan Periuk. Waktu yang diperlukan untuk memasak jauh lebih singkat.

Awalnya dandang ini terbuat dari tembaga dan bewarna kekuningan. Namun seiring perkembangannya, dandang sudah dibuat dari bahan logam lain dan bewarna perak.

Bentuk dandang pada mulanya juga berbeda dengan yang sekarang kita temui di pasaran.  Dulu berbentuk tabung besar pada bagian tengahnya ramping, dan sekarang seperti yang terlihat di gambar diatas, dan model lamanya bisa dilihat di bawah.

Dandang
Dandang Model Lama

B. Model Modern

Mau baca artikel bermanfaat lainnya di Notepam.com (ups. iklan (⌒▽⌒ゞ), tapi beneran bermanfaat loh. Nah Di jaman modern yang serba ingin praktis dan instan ini. sudah sangat banyak perkembangan teknologi di segala bidang, termasuk dalam peralatan dapur tentunya. apa aja alat penanak modern? yuk mari kita simak bersama.

1. On/Off (Simple)

On/Off Rice Cooker
Rice Cooker Gen Ke 2 paling banyak dipakai

Seperti namanya, Alat Dapur ini hanya berfungsi sebagai penanak/masak beras sampai menjadi nasi, tidak bisa menghangatkan atau menjaga suhu nasinya, jadi kalau engga cepat dihabiskan dan disimpan nasinya akan cepat basi.

On/off cooker bisa dibilang sebagai rice cooker jadul atau Rice Cooker Generasi Pertama. Karena di bagian body rice cooker pun hanya tersedia satu tombol on/off untuk mulai memasak nasi dan menyudahinya saja.

karena fungsinya yang sangat minim itulah rice cooker jenis on/off sudah mulai banyak ditinggalkan. rice cooker jenis ini punya kelebihan harganya yang murah meriah cocok untuk kantong anak kos d=(´▽`)=b

2. Model Cook/Keep Warm

Cook/Keep Warm Rice Cooker
biasa dikenal dengan mejikom

Nah jenis generasi yang ke2 yang paling populer dan paling banyak digemari, sudah harganya terjangkau, fiturnya juga oke, bisa masak juga menjaga kehangatan nasi agar tahan lama tidak cepat basi.

(3.) Model Smart

Smart Rice Cooker
Smart Rice Cooker

Rice Cooker ini termasuk salah satu yang tercanggih dari alat yang ada di dapur, dengan harganya yang cukup mahal (khususnya di kalangan anak kos macam kita) penjualannya mengincar kalangan ekonomi menengah keatas.

Degan fitur yang seabrek dalam satu alat kecil ini apa saja yang bisa kamu lakukan? mulai dari masak nasi (iyalah), eh tapi jangan salah, memasak nasi di rice cooker ini ada 2 mode, yaitu mode cepat kalo kamu buru2 udah lapar ga nahan, atau mode lambat yang bikin nasi kamu jadi bubur (cocok buat bubur ayam nih, eh untuk makanan orang sakit juga). Ada lagi fitur mengukus sayuran dll…

Dari benyak Penanak nasi diatas, mana yang kira2 cocok denganmu?

Buat Kamu yang lagi pengen beli rumah atau mendekorasi dapur bisa cek https://hustopia.com/small-kitchen-ideas/

sekian, Wassalam..

Harilinn

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *