Seluk Beluk Pupuk Organik

Tak bisa di pungkiri lagi, pupuk merupakan kebutuhan bagi para petani untuk mengelola tumbuhan yang mereka tanam agar tanaman mereka selalu sehat dan menghasilkan hasil panen yang sebanyak-banyaknya. 

Sebenarnya apa itu definisi dari pupuk organik? kenapa penting bagi tanaman?

Pengertian Pupuk Organik serta Pembagiannya

Pupuk Organik adalah pupuk yang tersusun dari materi makhluk hidup, sisa-sisa tanaman yang sudah melapuk, sisa-sisa hewan, dan manusia, yang kemudian bisa menjadi 2 bentuk pupuk, yaitu dalam bentuk padat dan cair.

Sedangkan fungsi pupuk sendiri adalah untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah dan juga sebagai penyuplai tambahan unsur-unsur yang di butuhkan oleh tanaman.

Pupuk Organik Dilihat Dari Cara Pembentukannya, Di Bagi Menjadi 5. Yaitu:

Kompos

kompos dari pelepah sawit isroi.com
kompos dari sekam padi indonesiabertanam.com

Yang pertama ini adalah yang paling populer dan paling sering kita dengar. Kompos adalah sisa bahan organik yang berasal dari hewan, tanaman, dan limbah organik yang sudah mengalami proses fermentasi.

Untuk jenis tanaman yang biasa di pakai untuk pembuatan kompos ada jerami, sekam padi, rumput gulma, pelepah pisang, sayuran yang sudah busuk, batang pohon jagung,dan juga sabut kelapa.

Dan untuk kompos yang berasal dari hewan di antaranya kotoran ternak, urine, sisa pakan ternak yang sudah tidak terpakai, dan cairan biogas.

Dan tanaman air yang biasa di pakai untuk pembuatan pupuk kompos diantaranya eceng gondok, Azolla, gulma air, dan ganggnag biru.

Berikut manfaat dari pupuk kompos  :

  1. Memperbanyak dan membuat unsur hara.
  2. Meningkatkan daya tahan tanah dan daya serap air.
  3. Memperbaiki sirkulasi dan pori-pori dalam tanah.
  4. Memperbaiki struktur tanah.
  5. Menguatkan daya ikat agregat (unsur hara) tanah berpasir.

Cara penggunaan pupuk kompos yaitu dengan cara menebarkannya di sekeliling tanaman.pupuk kompos yang sudah layak di pakai di tandai dengan menurunnya temperatur suhu kompos (di bawah 40 c).

Humus

humus daun bambu Gardenmatrial.com

Humus adalah material organik yang berasal dari proses pelapukan dedaunan dan ranting-ranting tanaman yang kemudian membusuk yang berakhir mengubah humus menjadi tanah. Berikut bahan-bahan pembuatan humus, daun-daunan, ranting-ranting pohon, limbah pertanian dan peternakan, industri makanan, kulit kayu, serbuk gergaji, kepingan kayu, endapan kotoran, sampah rumahan, dan limbah padat perkotaan.

Humus merupakan penentu dari kualitas kesuburan tanah di kemudian hari, menjadi sumber makanan bagi tanaman, meningkatkan kapasitas kandungan air tanah, membantu agar menahan pupuk kimia larut dalam air, menjaga struktur tanah. 

Humus merupakan kandungan utama dari kompos, jadi penggunaannya sama dengan pupuk kompos.

Pupuk Kandang

pupuk kandang teras.id

Pupuk kandang adalah pupuk yang berasal dari sisa-sisa pembuangan hewan, seperti kotoran dan urinenya. Dan pupuk kandang ini dapat di buat dari hewan-hewan yang dipelihara oleh masyarakat di dalam peternakan, seperti kotoran dan Urin yang berasal dari hewan sapi, ayam, kerbau, bebek, domba, dan kambing.

Pupuk kandang yang padat banyak mengandung unsur hara makro, contoh nitrogen, kalium dan fosfor. Dan juga mengandung banyak unsur mikro, contoh besi, belerang, natrium, tembaga, molibdenum, kalsium dan magnesium. Kandungan nitrogen yang terdapat pada urin hewan ternak 3 kali lebih banyak di bandingkan dengan kandungan di dalam kotoran padat.

Pupuk kandang di bagi menjadi 2 macam :

 1. Pupuk Dingin
pupuk sapi 8villages.com

Yaitu, pupuk yang berasal dari kotoran hewan yang diuraikan oleh sejenis mikroba secara bertahap dan perlahan sehingga tidak menimbulkan panas dari dalam pupuk.misalnya kotoran hewan sapi dan kerbau.

 2. Pupuk Panas
pupuk-kandang kambing Jualo.com

 

Yaitu, pupuk yang asalnya dari kotoran hewan yang proses penguraian denga mikroba di proses secara cepat sehingga menghasilkan suhu panas. Misalnya pupuk yang berasal dari kotoran kuda, ayam, dan kambing.

Kegunaan dari pupuk kandang adalah sebagai penyedia unsur hara makro dan mikro tanah yang punya daya ikat ion yang tinggi yang kemudian akan mengaktifkan bahan-bahan anorganik di dalam tanah, yang juga di dalamnya termasuk pupuk anorganik. Serta memperbaiki struktur tanah yang menyebabkan tanaman tumbuh dengan maksimal.

Pupuk kandang yang akan di gunakan haruslah berubah menjadi pupuk yang siap karena jika belum siap, pupuk tersebut malah akan menghambat pertumbuhan tanaman, untuk ciri pupuk kandang yang sudah siap adalah

. Teksturnya remah atau Gembur.

. Memiliki suhu yang relatif dingin.

. Wujudnya sudah berubah, tidak seperti asalnya.

. Sudah tidak berbau lagi.

Untuk penggunaan pupuk kandang ini caranya adalah dengan dikubur, sehingga penguapan unsur hara akan berkurang. Untuk pupuk kandang cair, cara penggunaannya yaitu setelah tanaman tumbuh, karena kandungan unsur hara yang ada di dalam pupuk kandang dapat di serap dengan cepat oleh tanaman.

Pupuk hijau

.jurnalasia.com

Yaitu salah satu pupuk organik yang di buat dari sisa-sisa panen atau langsung dari tanaman yang di tanam dengan tujuan menjadi tanaman pupuk hijau, seperti tanaman kacang-kacangan dan paku air. Penggunaan pupuk ini dapat dilakukan dengan memendam atau menanam bahan tanaman atau saat setelah di kompos kan.

Pupuk hijau ini punya kegunaan sebagai media untuk meningkatkan unsur hara dan kandungan organik yang ada dalam tanah, yang kemudian akan memperbaiki komposisi tanah sehingga berdampak pada tanah yang bagus, lebih tahan dari erosi dan lainnya.

Pupuk cair 

/alamtani.com

pupuk organik cair yang di buat dengan cara mencampurkan pupuk organik padat yang telah jadi kedalam air. Pupuk organik cair dibagi menjadi dua di lihat dari cara pembuatannya :

Pupuk padat yang di cairkan

Jenis ini,biasa menggunakan pupuk kandang, pupuk kompos, atau pupuk padat yang lainnya sebagai bahan utama yang kemudian dicampur dengan air. Pupuk jenis ini karakteristiknya tidak jauh beda dengan pupuk organik padat, cuma bentuknya yang beda.

Kekurangannya pupuk ini mudah mengendap jika di simpan dalam waktu yang lama. Jadi harus cepat di gunakan dan penyemprotannya ke tanah yang ditanami, bukan daun atau batang pohon.

Pupuk cair fermentasi

Dibuat dengan mengfermentasikan bahan-bahan organik dengan menggunakan bantuan organisme hidup atau mikroba. Menggunakan bahan baku dari material organik yang belum di komposkan. Unsur hara yang terdapat pada larutan pupuk cair ini lebih merata dan stabil dan juga tidak mengendap jika di simpan dalam jangka waktu yang lama.

Pupuk cair tidak dapat di pakai sebagai pupuk utama, harus di dukung oleh pupuk padat. Karena berbentuk cairan, pupuk jenis ini lebih rentan terbawa erosi, dan sebagai pendukung dan pelengkap, tentu saja di butuhkan pupuk padat sebagai penyedia cadangan unsur hara bagi tanah karena sifatnya yang tidak mudah terbawa erupsi saat hujan.

Sekian untuk artikel ini, Terima kasih telah membaca sampai akhir.

Be Yourself and forget the opinions others about you!..

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *